Rabu, 20 Mei 2015

Mengatasi Masalah Pada Plapon GRC



Bila kita perhatikan dengan seksama, plafon sebagian besar rumah saat ini kalau tidak memakai papan gypsum pasti menggunakan papan Versaboard, seperti GRC board, Kalsiboard ataupun berbagai merk lainnya. Papan jenis ini yang semakin umum dipakai sebagai plafon rumah tak terlepas dari beberapa keunggulannya bila dibandingkan dengan tripleks maupun papan gypsum seperti:
1.Harga yang lebih murah dan lebih ramah lingkungan daripada tripleks.
2. Lebih tahan air dan rayap dibandingkan papan gypsum.
3. Bisa dipergunakan untuk pemasangan plafon dengan sistem sambungan nat terbuka (menghasilkan tampilan pola keramik/ kisi-kisi pada plafon)
atau sambungan nat tertutup (menampilkan plafon yang mulus tanpa sambungan seperti papan gypsum). Kendati demikian, ada dua masalah utama yang dapat muncul dalam pemasangan plafon GRC. Masalah tersebut terjadi umumnya karena kurangnya pengetahuan tukang dalam pemasangan plafon jenis Ini. Berikut akan saya paparkan tipsnya:
RETAK PADA NAT SAMBUNGAN.
Hal itu merupakan masalah yang paling umum dijumpai dalam pemasangan plafon GRC.
Penyebabnya penggunaan kompon gypsum (cornice compound) sebagai pengisi sambungan nat yang tentu saja tidak dapat menyatu dengan papan/ plafon dan mudah retak setelah kompon mengering.
Pergunakanlah kompon yang telah disediakan oleh masing-masing produsen khusus untuk papan semen yang mereka produksi seperti
Compound Versa untuk Versaboard, Compound A+B untuk GRC board.
Anda juga bisa menggunakan produk seperti Join-X yang dapat diaplikasikan untuk segala jenis papan GRC.
Saya akan jelaskan sekilas cara pemakaian produk Join-X untuk pengisi sambungan nat plafon jenis papan GRC dsb.Aplikasikan campuran Join-X yang sudah homogen secara tidak berlebihan.Campuran Join-X baik digunakan sebelum 30 menit.Campurkan Join-X A dan B dengan perbandingan 1:1 sesuai kebutuhan, aduk campuran dan teteskan sedikit air sampai merataMasa kering sentuh tangan kurang lebih 45 menit.Masa kering sempurna kurang lebih 8 jam.Aplikasi pengecatan dan finishing dilakukan setelah masa kering sempurna.
Bila cara diatas tidak bisa,
Gunakan KalsiKompon INT atau GRC Top Coat.Atau di sini
 Material ini mudah didapat di toko yang bertanda Kalsi.
SEMOGA BERMANFAAT.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

trimakasih infonya

Posting Komentar