Senin, 01 Oktober 2012

Cara mengenal papan gypsum



Banyak pilihan papan gypsum yang beredar sekarang dari yang kualitas paling bagus hingga kulitas yang paling buruk. Sekilas semua papan gypsum terlihat sama bentuknya ,tapi belum tentu kualitas nya sama, bagaimana caranya mengetahui gipsum yang punya kualitas baik?



Berbagai merek gipsum saat ini membanjir di pasaran. Bagaimana caranya mengetahui gipsum yang punya kualitas baik. Saat ini, penggunaan papan gipsum untuk interior sudah semakin meluas, disebabkan oleh karakteristiknya yang tahan api dan finishing yang sangat baik.seperti;

jaya board 
 tingkat kelendutannya sangat kecil. Untuk standar Jayaboard adalah di bawah 2,5 mm dengan standar uji ASTM C473. Dengan tingkat kelendutan sangat kecil ini, maka plafon atau langit-langit akan mempunyai permukaan lebih rata (flat), atau dengan kata lain tidak bergelombang.

Knauf
Knauf Standardboard adalah papan gypsum dengan kertas muka warna gading yang cocok untuk menerima finishing plaster atau dekorasi langsung. Spesifikasi Knauf Standardboard merujuk ke persyaratan SNI 03-6384 dan ASTM C1396.

produk papan gipsum yang baik memiliki beberapa kriteria. Berikut beberapa di antaranya untuk Anda ketahui sebagai tips khusus:
Less sagging
Artinya, ketika papan gipsum dipasang sebagai plafon atau langit-langit, tingkat kelendutannya sangat kecil. Untuk standar Jayaboard adalah di bawah 2,5 mm dengan standar uji ASTM C473. Dengan tingkat kelendutan sangat kecil ini, maka plafon atau langit-langit akan mempunyai permukaan lebih rata (flat), atau dengan kata lain tidak bergelombang.
Kuat
Papan gipsum yang kuat adalah papan gipsum yang tidak mudah patah ketika proses pemindahan dari satu tempat ke tempat lain secara manual maupun ketika dipasang.
Ringan
Semakin ringan sebuah papan gipsum akan mempermudah dan mempercepat penanganan maupun pemasangan papan gipsum tersebut. Berdasarkan survei tim Jayaboard di lapangan, para tukang lebih senang jika bobotnya tidak lebih dari 17 kg per lembarnya.
Mulus
Permukaan gipsum mulus dan tanpa cacat produksi, sehingga ketika sudah dipasang akan menghasilkan plafon atau langit-langit dan dinding yang sempurna.
Kualitasnya konsisten
Perlu diketahui, papan gipsum Jayaboard tidak mengandung material berbahaya bagi kesehatan ataupun keamanan, sehingga aman dan nyaman untuk digunakan pada interior. Penggantian papan dapat dilakukan apabila dari kondisi fisiknya sudah rusak.


0 komentar:

Posting Komentar