Kamis, 12 November 2015

Cara Mengatasi Sambungan Plafon Gypsum yang Berbayang

Penggunaan lampu pada bagian plafon akan menjadikan plafon semakin indah dan elegan. Namun kadangkala penggunaan lampu yang menghasilkan efek glancing, yaitu adanya penglihatan atau tampilan dari plafon yang bergelombang atau berbayang terutama pada bagian sambungan papan gypsum.


Penyebab sambungan Plafon tampak berbayang

  1. Efek sinar matahari atau efek lampu yang terang, terutama lampu samping.
  2. Sifat dari cornice yang lebih halus dari permukaan papan gypsum.
  3. Penggunaan cat glossy pada plafon akan berakibat adanya efek glancing (berbayang).
  4. Metode pengomponan yang menyalahi prosedur, misalnya tidak rata, atau terlalu tebal pada bagian nat dan wilayah sebar compound yang kurang lebar.

Beberapa solusi

Jika Anda mengalami masalah demikian, maka Anda harus dapat mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, teliti dengan seksama sehingga akan diperoleh solusi untuk mengatasi sambungan plafon yang berbayang.
  1. Lakukan pengomponan yang sesuai prosedur. Sebarkan pengomponan secara merata dengan wilayah yang luas, sehingga tidak terjadi penebalan pada sebagian saja.
  2. Jika memang memungkinkan lakukan pengomponan pada seluruh permukaan papan gypsum, sehingga seluruh permukaan papan gypsum memiliki tekstur yang sama. Sebab biasanya sifat atau tekstur dari cornice jika telah ditebarkan ke permukaan papan gypsum (disebut pengomponan) akan sangat halus dan bertekstur glossy
  3. Lakukan metode finishing tekstur, sebab metode ini permukaan tidak glossy , namun bercorak tekstur, agak kasar, misalnya ada semacam “taburan pasir” atau sperti kulit jeruk di permukaan plafon. Metode ini akan membuat plafon selamat dari efek glancing light.
  4. Gunakan cat jenis satin dan flat, sehingga permukaan plafon tidak terlalu mengkilap, dan pengomponan hanya dilakukan pada bagian sambungan papan gypsum dan wilayah sekitarnya saja.
  5. Jika akan menggunakan cat glossy atau semi gloss, pengomponan harus dilakukan pada seluruh permukaan papan gysum, sehingga seluruh permukaan akan glossy, sehingga efek glancing light akan tersamarkan.
  6. Sangat penting sekali bagi aplikator plafon dan pemiliki rumah untuk mengetahui jenis pencahayaan pada plafon. Hal ini harus ditentukan sebelum melakukan finishing. Misalnya untuk pencahayaan yang menyinari langsung permukaan plafon (critical light), harus dilakukan pengomponan pada seluruh permukaan papan gypsum.
    Namun jika akan menggunakan jenis lampu yang tidak menyinari secara langsung permukaan plafon (misalnya down light, lampu dengan armature), maka pengomponan dilakukan pada bagian sambungan dan wilayah sekitarnya saja.
Demikan beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi masalah sambungan papan gypsum yang berbayang. Silakan dipraktekkan.

0 komentar:

Posting Komentar