Kamis, 01 Oktober 2015

KELEBIHAN & KEKURANGAN PAPAN CALCIUM SELICATE

PENGERTIAN PAPAN CALCIUM SELICATE

Papan calcium selicate diproduksi dengan menggunakan bahan-bahan baku pilihan dan melalui proses AUTOCLAVE ( proses pengeringan dengan tekanan dan temperatur tinggi) untuk mendapatkan hasil produk yang stabil dan tahan lama. Papan Calcium Selicate diproduksi tanpa menggunakan jenis asbes apapun sebagai bahan bakunya (100% Bebas Asbes). Dengan materi penyusun tersebut membuat bahan ini tahan air dan tahan rayap, Kemudahan yang lain adalah mudah, ringkas dan cepat dalam pemasangannya. Papan Calcium Selicate ini beredar di masyarakat dengan berbagai merk seperti kalsiboard, hexaboard, versaboard, indostar board, nusaboard, fortis board, GRC board, sica board, royal board dsb


KELEBIHAN & KEKURANGAN PAPAN CALCIUM SELICATE
KELEBIHAN PAPAN CALCIUM SELICATE
  • KEUNTUNGAN UTAMA
Papan Calcium Selicate sangat aman bagi kesehatan, sedikitpun tidak tekandung bahan asbes.Sebagaimana kita tahu debu-debu asbes jika terhirup paru-paru dapat merusak sel paru-paru dan tidak dapat larut sehingga beresiko kanker. Di sebagian Negara Eropa bahkan mulai dilarang penggunaan bahan asbes. Papan Calcium Selicate karena tidak mengandung asbes maka produk ini tidak getas (brittle) sebagaimana sifat dasar bahan asbes.
  • DIMENSI STABIL
Salah satu proses pembuatan Papan Calcium Selicate adalah autoclaving yaitu pengeringan dengan temperature dan tekanan yang tinggi, dan hasilnya fantastis. Papan Kalsi sangat stabil di berbagai suhu. Muai susut yang terjadi sangatlah kecil. Sehingga mencegah terjadi keretakan karena perubahan muai susut saat aplikasi di interior karena mesin penyejuk ruangan dan perubahan iklim pada aplikasi eksterior.
  • VARIASI KETEBALAN
Papan Calcium Selicate mempunyai variasi ketebalan yang sangat besar untuk ukuran papan. Dari 3 mm sampai 20 mm. Efeknya yang sangat positif adalah pada variasi aplikasinya. Dari plafon, partisi, dinding luar dan bahkan lantai. Dari dinding yang rata sampai melengkung. Untuk saat ini hanya papan Kalsiboard yang mempunyai keunggulan ini.
  • SISI RECESSED
Adalah Jenis Papan Calcium Selicate yang diperuntukan untuk board yang menghasilkan sambungan yang sempurna rata. Dengan adanya bagian yang lebih tipis di bagian tepi (recessed) juga mengurangi pemakaian kompon dan lebih memudahkan penyambungan, pekerjaan jauh lebih cepat. Sambungan sempurna, permukaan sambungan akan sama rata dengan permukaan lembaran.
  • FLEXIBLE
Keunggulan lain yang fantastic adalah daya tahan Papan Calcium Selicate sekuat semen tapi mempunya kelenturan layaknya bahan plywood. Papan Calcium Selicate dapat di lengkungkan sampai sudut tertentu, sehingga bisa digunakan untuk mewujudkan disain disain lengkung arsitektural yang spektakuler. Dengan sedikit pengetahuan tentang konstruksi apapun bentuk lengkung maka akan mudah diikuti dengan mulus oleh lembaran papan  Calcium Selicate.

KEKURANGAN PAPAN CALCIUM SILICATE 
Kelemahan Papan Calcium Selicate, jika plafon mau dibuka, tidak bisa rapi, pasti ada retak rambutnya. Penyebab retak rambut ini, karena kalsiboard memiliki kembang susut tinggi. Saat musim hujan mengembang, dan musim kemarau menyusut. Saat menyusut inilah kelihatan retak rambutnya. Misalkan pada sambungan, pemakaian plafon Papan Calcium Selicate akan kelihatan pecah. Papan Calcium Selicate memiliki ketebalan 3,5 mm, 4,5 mm, 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm, dan 20 mm. Khusus ketebalan 2 mm umumnya difungsikan untuk lantai, biasa disebut kalsi floor.

0 komentar:

Posting Komentar