Sabtu, 12 September 2015

CARA PEMASANGAN LIST GYPSUM

Saat ini banyak plafond rumah yang sudah menggunakan list gypsum sebagai aksesoris. Selain gampang didapat dan harganya terjangkau, juga lebih rapi dan memasang list tersebut.
Dalam tulisan ini, kami akan menguraikan cara-cara memasang list gypsum disertai dengan gambar
Langkah Pertama :
Ukur panjang area yang ingin dipasang list. Pastikan ukurannya tepat karena jika meleset beberapa centimeter aja bisa berpengaruh pada saat pemasangan list yang lain (terutama bagian sambungan pojok).











Langkah Kedua :
Setelah itu, potong list yang akan dipasang sesuai dengan ukuran tadi dengan menggunakan cutter atau gergaji besi.











Langkah Ketiga :
Selanjutnya buatlah "perekat" dari compound untuk menempelkan list pada dinding yang akan dipasang. Sediakan air, bubuk compound, wadah, dan kape. Bubuk compound diletakkan di suatu wadah (biasanya potongan papan gypsum atau potongan tripleks). Dikarenakan compound setelah terkena air cepat mengeras (kurang lebih 10 menit), maka saat pencampuran usahakan agar air yang dicampur sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan-pelan.



















Langkah Keempat :
"Perekat" yang sudah jadi selanjutnya dioleskan ke list yang telah dipotong tadi. Oleskan "perekat" tersebut secara merata agar semua bagian list dapat menempel pada dinding dan plafond secara merata.























Langkah Kelima :
Kemudian tempelkan list yang sudah diolesi "perekat" tersebut ke dinding dan plafond yang akan dipasang. Ratakan list tersebut sesuai dengan ukuran tadi (usahakan diberi tanda tempat yang akan ditempel list).









Langkah Keenam :
Setelah list tertempel pada dinding dan plafond, selanjutnya rapikan bagian atas dan bawah list dengan kape karena biasanya pada saat penempelan, ada bekas "perekat" yang keluar. Perapihan dapat dilakukan dengan amplas atau kape.

Pada sambungan list, usahakan agar tidak sampai keliatan. Caranya dengan menambah "perekat" atau membuat motif motif yang seolah-olah list tersebut keliatan sambung-menyambung.










Demikianlah cara-cara pemasangan list cornice/gypsum. Dikarenakan penulis belum begitu menguasai prakteknya,

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Syukraan..
Terima Kasih ilmunya, sangat bermanfaat.
Semoga Barokah.

afishya mengatakan...

Makasih telah berbagi ya om..bermanfaat sekali..moga tambah sukses om...

Unknown mengatakan...

jika bisa disertai video agar pe Frase step by step nya lebih azib pak bos

Unknown mengatakan...

Manfaat

Posting Komentar